RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) DAN BENTUK INSTRUMENTNYA
A.
Pengertian
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang
menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi
dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup
Rencana Pembelajaran paling luas mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri
atas satu indikator atau beberapa indikator untuk satu kali pertemuan atau
lebih.
RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum
mengajar. Persiapan disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan
mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang
produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh.
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran dengan silabus mempunyai perbedaan, meskipun dalam hal tertentu
mempunyai persamaan. Silabus memuat hal-hal yang perlu dilakukan siswa untuk
menuntaskan suatu kompetensi secara utuh, artinya di dalam suatu silabus
adakalanya beberapa kompetensi yang sejalan akan disatukan sehingga perkiraan
waktunya belum tahu pasti berapa pertemuan yang akan dilakukan.
Sementara itu, rencana
pelaksanaan pembelajaran adalah penggalan-penggalan kegiatan yang perlu
dilakukan oleh guru untuk setiap pertemuan. Didalamnya harus terlihat tindakan
apa yang perlu dilakukan oleh guru untuk mencapai ketuntasan kompetensi serta
tindakan selanjutnya setelah pertemuan selesai.
B.
Tujuan
dan Fungsi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Tujuan rencana pelaksanaan pembelajaran adalah untuk :
(1) Mempermudah,
memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar;
(2) Dengan menyusun
rencana pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru
akan mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program
pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.
Sementara itu, fungsi rencana
pembelajaran adalah sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan belajar
mengajar ( kegiatan pembelajaran ) agar lebih terarah dan berjalan secara
efektif dan efisien. Dengan kata lain rencana pelaksanaan pembelajaran berperan
sebagai skenario proses pembelajaran. Oleh karena itu, rencana pelaksanaan
pembelajaran hendaknya bersifat luwes ( fleksibel ) dan memberi kemungkinan
bagi guru untuk menyesuaikan dengan respon siswa dalam proses pembelajaran yang
sesungguhnya.
C.
Unsur-unsur
yang Perlu Diperhatikan dalam Penyusunan RPP
Unsur-unsur yang perlu
diperhatikan dalam penyususnan rencana pelaksanaan pembelajaran adalah :
a. Mengacu pada
kompetensi dan kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa, serta materi dan
submateri pembelajaran, pengalaman belajar yang telah dikembangkan didalam
silabus;
b. Menggunakan
berbagai pendekatan yang sesuai dengan materi yang memberikan kecakapan hidup (life
skill) sesuai dengan permasalahan dan lingkungan sehari-hari;
c. Menggunakan
metode dan media yang sesuai, yang mendekatkan siswa dengan pengalaman
langsung;
d. Penilaian dengan
system pengujian menyeluruh dan berkelanjutan didasarkan pada system pengujian
yang dikembangkan selaras dengan pengembangan silabus.
D.
Komponen-komponen RPP
Komponen-komponen rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) menurut permendiknas Nomor 41 tahun 2007 tentang
standar proses terdiri dari :
1. Identitas
mata pelajaran
Identitas mata pelajaran, meliputi : satuan pendidikan, kelas,
semester, program/program keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran, jumlah
pertemuan.
2. Standar
kompetensi
Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta
didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang
diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/ atau semester pada suatu mata
pelajaran.
3. Kompetensi
dasar
Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai
peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan
indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.
4. Indikator
pencapaian kompetensi
Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/ atau
diobservasi untuk menunjukan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang
menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi
dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan
diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
5. Tujuan
pembelajaran
Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang
diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
6. Materi
ajar
Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang
relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indicator
pencapaian kompetensi.
7. Alokasi
waktu
Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian
KD dan beban belajar.
8. Metode
pembelajaran
Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar pembelajaran agar peserta didik mencapai
kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemilihan
metode pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta
karakteristik dari setiap indicator dan kompetensi yang hendak dicapai pada
setiap indicator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran.
Pendekatan pembelajaran tematik digunakan untuk peserta didik kelas 1 sampai
kelas 3 SD/MI.
9. Kegiatan
pembelajaran
a.
Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan
pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan
perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
Dalam kegiatan pendahuluan, guru : (1) menyiapkan peserta didik secara psikis
dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran; (2) mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari; (3) menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang
akan dicapai; dan (4) menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian
kegiatan sesuai silabus.
b. Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD.
Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan,
menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta
memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai
dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses
eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.
c.
Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri
aktifitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau
kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
E.
Instrumen
Penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (IPKG) DALAM
MENYUSUN RENCANA PEMBELAJARAN
A.
NAMA GURU :
B.
MATA PELAJARAN :
C.
KELAS/SEMESTER :
D.
ALOKASI WAKTU :
E.
STANDAR KOMPETENSI :
F.
KOMPETENSI DASAR :
G.
INDIKATOR :
|
NO
|
KEGIATAN
|
KUALIFIKASI
|
SKOR
|
||||
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
|
1
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Kesesuaian dengan SK, KD dan indikator
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Tujuan dirumuskan dengan lengkap dan jelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
MATERI AJAR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Berpedoman pada materi pokok/pembelajaran dalam
silabus
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Memilih dengan tepat materi ajar sesuai dengan
karekteristik peserta didik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c Menentukan materi ajar sesuai dengan taraf
kemampuan berpikir peserta didik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
METODE
PEMBELAJARAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Memilih metode pembelajaran yang relevan dengan
tujuan dan materi ajar
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Menetukan metode pembelajaran yang bervariasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
LANGKAH
PEMBELAJARAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan awal
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Pengarahan tentang kegiatan belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Apersepsi/panduan tes awal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Menentukan cara-cara memotivasi peserta didik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan inti
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Menentukan jenis kegiatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Menyusun langkah-langkah mengajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Menentukan alokasi waktu belajar mengajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d Menentukan cara pengorganisasian siswa agar
dapat berpartisipasi dalam KBM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan akhir
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Meninjau kembali penguasaan inti pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Merancang tugas rumah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Mempersiapkan pertanyaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Menentukan pengembangan alat pengajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Menentukan media pengajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Menetukan sumber belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
PENILAIAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Menetukan prosedur dan jenis penilaian
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Membuat alat penilaian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
KESAN UMUM RENCANA PEMBELAJARAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Kebersihan dan kerapian
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Kepraktisan penggunaan format
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Penggunaan bahasa tertulis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian : Rumus Nilai :
BS =
91 - 100 N = SKOR
YANG DIPEROLEH/ SKOR
B =
76 - 90 MAKSIMUM x
100
C = 61 - 75
K =
51 - 60
KS =
< 50
Catatan:…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Mengetahui Guru Ybs Pengawas Satuan
Pendidikan
Kepala
Sekolah
(…………………) (…………………..) (………………………………)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar