Kamis, 20 April 2017

Rubrik Penilaian Afektif dan Psikomotor


RANAH AFEKTIF


NO
ASPEK
INDIKATOR
INSTRUMEN
KETERANGAN
1
Menerima
Mengerjakan materi jarring-jaring kubus sesuai dengan arahan dari Guru.
Siswa mengikuti arahan guru dalam proses pembelajaran tentang jaring-jaring kubus.
4.     Semuanya dikerjakan secara kelompok.
3.     Dibantu oleh guru dan secara kelompok.
2.     Semua dibantu guru.
1.     Tidak bisa sama sekali.

2
Sinergi
Meminta dan Memberi Pendapat atau saran dengan santun.
Siswa Mengajukan Pertanyaan tentang jarring-jaring kubus.
4.     Siswa bertanya kepada Guru dan Temannya.

3.     Siswa bertanya kepada Guru.
2.     Siswa bertanya kepada teman.
1.     Siswa tidak bertanya sama sekali.
3
Menghargai
Menghargai pendapat siswa lain.
Siswa bisa menerima pendapat siswa lain dalam membuat jarring-jaring kubus.
4.     Sangat menghargai pendapat temannya.


3.     Cukup menghargai pendapat temannya.
2.     Kurang bisa menghargai pendapat temannya.
1.     Tidak bisa menghargai pendapat temannya.
RANAH PSIKOMOTOR
NO
ASPEK
INDIKATOR
INSTRUMEN
KETERANGAN
Rubrik
1
Menjelaskan
Siswa menjawab pertanyaan guru 
Siswa menjelaskan pertanyaan dari guru  tentang cara menemukan jaring-jaring kubus.
-         Siswa menjelaskan pertanyaan guru dengan benar dan tepat.
3. siswa menjelaskan pertanyaan dari guru dengn benar
-         Siswa menjelaskan pertanyaan guru dengan ragu-ragu
2.     siswa menjelaskan   pertanyaan walaupun pendapat salah
-         Siswa tidak menjelaskan pertanyaan sama sekali.
1.    siswa tidak menjelaskan pertanyaan
2
Melipat
Melipat jarring-jaring kubus 
Semua kelompok siswa dapat melipat jaring-jaring kubus dari karton dengan rapi.
Bisa 100%
4.     Semua kelompok siswa bisa melipat jaring-jaring kubus dari karton dengan rapi.

Bisa 80%
3.     Hanya 4 kelompok dari 5 kelompok siswa yang bisa  melipat jaring-jaring kubus dari karton dengan rapi.

Bisa 50%
2.     Hanya 3 kelompok dari 5 kelompok siswa yang bisa  melipat jaring-jaring kubus dari karton dengan rapi.




Bisa < 50%
1.     Hanya 2 kelompok dari 5 kelompok siswa bisa  melipat jaring-jaring kubus dari karton dengan rapi.
3
Memposisikan
Memposisikan sisi-sisi pada jaring-jaring kubus
Siswa memposisikan sisi-sisi pada pembuatan jaring-jaring kubus dengan baik dan benar
-      Bentuk yang di hasilkan sesuai

-       Siswa memposisikan sisi-sisi jaring-jaring kubus dengan baik saat membuat jaring-jaring kubus sehingga menghasilkan gambar yang sesuai




-      Bentuk yang di hasilkan kurang sesuai

-       Siswa memposisikan sisi-sisi jaring-jaring kubus dengan kurang baik saat membuat jaring-jaring kubus sehingga menghasilkan gambar yang sesuai




-      Bentuk yang di hasilkan tidak jelas dan tidak rapi

-       Siswa tidak memposisikan sisi-sisi jaring-jaring kubus dengan baik saat membuat jaring-jaring kubus sehingga menghasilkan gambar yang tidak baik














Tidak ada komentar:

Posting Komentar